Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Keywords

Latest topics
November 2017
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   

Calendar Calendar

The most tagged members


Tiga Pekerja Terjun Bebas

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tiga Pekerja Terjun Bebas

Post by Admin on Mon Mar 07, 2016 3:03 am

TANJUNG REDEB. Merantau untuk mencari nafkah, tiga warga pendatang justru justru menjemput maut di Kaltim.  Widianto (25), Sabar Harianto (46) dan Jono (42) merupakan buruh di proyek pembangunan gedung Hotel Bumi Segah (HBS). Ketiganya merupakan pekerja yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah (Jateng).
Mereka bekerja di bawah naungan PT Griya Trada selaku kontraktor proyek tersebut. Ketiganya terjatuh dari lantai 8 pada Sabtu (5/3). Dua orang tewas di tempat kejadian. Sementara satunya tewas ketika di rumah sakit.
Awalnya, ketiga pekerja ini naik ke lantai 8. Mereka menunggu suplay material bahan bangunan yang diangkut dari bawah menggunakan crane. Ketiganya berada di terminal penjemputan material. Posisinya di luar area bangunan. Untuk menopang kekuatan terminal, diikat dengan seutas seling. Tiba-tiba terminal itu ambruk. Ketiganya pun terjatuh.
Kapolres Berau, AKBP Anggie Yulianto Putro yang ditemui di lokasi kejadian menyebutkan, jika ketiganya memang pekerja yang berasal dari luar daerah.
“Mereka ini ada di terminal yang tepatnya di lantai 8 siap bekerja untuk menunggu material datang dari bawah,” ungkap Anggie. Selain sebagai tempat menjemput material dari bawah, terminal ini dijelaskan juga sebagai wadah untuk menaruh material. Namun kondisi sebagian badan terminal mengarah keluar bagunan. Dan hanya diikat menggunakan sling pengikat agar tak jatuh. Kondisinya memang cukup rawan.
Musibah itu terjadi saat material yang ditunggu sudah tiba dan disimpan diujung terminal. Sial, tali sling yang menahan terminal putus. Karena tidak cukup kuat untuk menahan beban terminal.
“Saat putus, otomatis badan terminal yang mengarah ke luar duluan jatuh. Sehingga membuat para korban tergelincir dan jatuh,” jelasnya lagi.
Saat jatuh, rekan korban dengan cepat melarikan ketiganya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Ahmad Rivai. Namun, Widianto dan Sabar Harianto sudah meninggal dunia di lokasi kejadian.  Sementara  Jono, meninggal saat di rumah sakit. Namun, informasi terakhir Jono tidak mampu bertahan akibat luka dalam yang diderita.
Ditambahkannya, dari hasil olah TKP sementara ini, diduga para pekerja tidak dilengkapi safety (tali pengaman).
“Kita duga mereka tak menggunakan pengaman diri. Karena posisi mereka langsung terjatuh. Sedangkan alat pengangkut material dan terminal masih dalam kondisi tergantung,” jelasnya.
Selanjutnya pihak Polres Berau masih akan melakukan pemeriksaan terhadap dua saksi. Yakni salah satu pekerja yang ada di sekitar korban dan juga operator crane. Korban akan dipulangkan oleh perusahaan ke kampung halamannya di Kebumen.  Belum ada pihak perusahaan yang mau berkomentar terkait musibah ini, kecuali pengawas yang mengaku bernama Tono.
“Akan kita pulangkan ke kampung halaman. Kalau yang lainnya bukan wewenang saya menjelaskan,” ujar Tono. (as/nha)

Sumber : Samarinda Protal
avatar
Admin
Admin

Posts : 11
Pintar : 6542
Fire Fighter : 0
Join date : 07.02.16
Age : 27
Location : Samarinda

Lihat profil user http://pmksrajaparfum.wikiforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik